Sosialisasi Produk Thoharoh Kepada BPSPAMS Se Kabupaten Sukoharjo

ImplementasiProgram Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS ) di Kabupaten Sukoharjo , telah memasuki tahun ke sepuluh. Selamasepuluh tahun tersebut, PAMSIMAS telah membangun sarana air minum dan sanitasidi 88 desa se Kabupaten Sukoharjo. PAMSIMAS juga telah membentuk BadanPengelola Sarana Air Minum Dan Sanitasi (BPSPAMS), untuk mengelola dan menjagakeberlanjutan sarana air minum dan sanitasi yang telah terbangun.

Padahari Kamis, 26 April 2018, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), sebagaiinstansi yang membina dan menaungi BPSPAMS , menyelenggarakan Rapat KoordinasiPemberdayaan BPSPAMS Kabupaten Sukoharjo. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh 63BPSPAMS di Kabupaten Sukoharjo, Konsultan dan Fasilitator Program PAMSIMAS,serta BPR Syariah HIK Surakarta. “ Rapat ini betujuan untuk meningkatkankinerja BPSPAMS di masing-masing Desa. Dalam rapat ini akan disampaikan materitentang potensi pembiayaan oleh bank, peningkatan kelembagaan BPPSPAMS danskema Badan Usaha Milik Desa (BUM Des)’’ ujar Bapak Doyo Subriyantoro S.SosM.Si,  selaku Kepala Bidang PengembanganEkonomi Desa Sarana Prasarana  DPMD dalamsambutan pembukaannya.

BPRSyariah HIK Surakarta mensosialisasikan  alternatif pembiayaan air dan sanitasi melaluiskema kredit. Kredit air dan sanitasi ini bernama THOHAROH, karena dalam Islam,THOHAROH erat kaitannya dengan air dan sanitasi. THOHAROH adalah pembiayaan/pinjaman yang di berikan kepada konsumen untuk meningkatkanakses air minum dan sanitasi, bisa diberikan kepadaindividu maupun kepada Kelompok Pengelola Air Minum / BPSPAM. THOHAROH hadirkarena masih tingginya kebutuhan pembiayaan air dan sanitasi, dan wujud nyatakepedulian lembaga keuangan mikro (swasta) dalam mendukung target Pemerintah RIuntuk mencapai Universal Akses Air dan Sanitasi di tahun 2019.

PembiayaanTHOHAROH kepada BPSPAMS mencakup semua kebutuhan terhadap sistem / saranapenyediaan air minum yang ada. THOHAROH bisa digunakan untuk membangun baru,merenovasi atau memperluas cakupan layanan air minum BPSPAMS. Adapun rincianruang lingkup pembiayaan THOHAROH adalah sebagai berikut :

  • BangunBaru / Renovasi Sumur Bor Dalam beserta Kelengkapan nya (pompa, listrik dll
  • BangunBaru / Renovasi Penangkap Mata Air
  • BangunBaru / Renovasi Reservoir / Menara Air
  • Pembeliandan Pemasangan Pipa ( Transmisi dan Distribusi )
  • PengadaanInstalasi Sambungan Rumah ( SR )\

Pembiayaan THOHAROH BPRS HIK Surakartamempunyai banyak kelebihan dan kemudahan bagi BPSPAMS yang akan mengakseskredit ini. Kemudahan fasilitas yang ditawarkan adalah pendampingan langsungdari BPRS kepada BPSPAMS untuk menyusun proposal kredit, besaran plafonpinjaman menyesuaikan kebutuhan BPSPAMS, jangka waktu pengembalian kreditsesuai dengan kapasitas keuangan BPSPAMS dan yang utama adalah kemudahan prosespengajuan kredit. BPSPAMS cukup menghungi via SMS atau WhatsApp, maka akandikunjungi dan diproses oleh petugas BPRS HIK Surakarta.

 

Semoga dengan adanya sosialisasi ini terwujudkerja sama sinergis antara Pemerintah, Masyarakat dan Swasta dalam mewujudkanUniversal Akses Air Minum dan Sanitasi. Amiin.

SalamSehat.

(FajarAji Nugroho, WASH Expert, HIK Induk)