Baznas Dan HIK Insan Cita Bina Usaha Mustahik


Bogor – PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harta Insan Karimah Insan Cita Artha Jaya Bogor, menyalurkan dana modal usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk usaha mikro mustahik. Mereka merupakan para pedagang mikro dengan keuntungan perbulan di bawah upah minimum regional (UMR). Diantaranya, para pedagang kaki lima (PKL), penjual gorengan dan sebagainya.

Direktur Utama BPRS HIK Insan Cita Artha Jaya, Muhammad Hadi Maulidin Nugraha, mengatakan bahwa kami mendapatkan kucuran dana dari Baznas sebesar Rp. 2 Miliar. Target kami, ungkapnya, dana tersebut dapat tersalurkan kepada 500 usaha mikro mustahik dalam waktu enam bulan, paling lama setahun.

Hadi Nugraha menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemilik usaha mikro untuk memperoleh modal usaha dari Baznas. Syarat utama, jelasnya, memiliki usaha dan pemilik usaha mikro tersebut termasuk ke dalam golongan mustahik (penerima zakat).

Tidak ada jaminan (borg), Hadi Nugraha, menerangkan bahwa dalam pemberian modal usaha tersebut dan juga tidak ada kewajiban pengembalian dana. Sebab, dana ini termasuk ke dalam qardhul hasan (dana kebajikan) yang memang tidak wajib dikembalikan. Hanya saja, sambungnya, pengusaha mikro tersebut diharuskan menjadi nasabah BPRS HIK Insan Cita Artha Jaya.