Tasyakuran Milad Ke-9, HIK Yogyakarya Gelar Buka Bersama Dan Santunan Yatim Piatu

Jogyakarta - Bertepatan dengan Milad PT. BPR Syariah HIK Mitra Cahaya Indonesia Yogyakarta ke-9 yang jatuh pada bulan suci Ramadhan, hari Jumat 2 Juni 2017, perusahaan mengundang Yayasan Anak Yatim, Yayasan Ghifari Kali Code, dan warga sekitar untuk melaksanakan kegiatan Buka Bersama. Acara dilaksanakan di Kantor Pusat HIK Yogyakarta Jalan Kaliurang No. 28, KM 10, Gondangan, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. 

Ketua Panitia Tasyakuran Milad HIK Yogyakarta, Bagus Sunar Widodo mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat ukhuwah dan silaturahim antar sesama, juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dengan rahmat dan nikmat yang telah diberikan selama ini. Dan wujud dari hal tersebut, lanjutnya, salah satunya adalah dengan memberikan santunan dan bantuan kepada para anak yatim dan panti asuhan. Mudah-mudahan amal ini, sambungnya, menjadi berkah dan diridhai Allah SWT, serta bermanfaat bagi yang menerimanya.

Sementara dalam tausiyah disampaikan oleh Drs. H. Choliq Muhtar, yang juga merupakan Ketua Dewan Pengawas Syariah PT. BPRS MCI mengangkat tema “Pancasila dalam Pandangan Islam”. Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara, katanya, sebenarnya memiliki keselarasan dengan ajaran Islam sebagai agama mayoritas penduduk bangsa Indonesia. Sikap umat Islam di Indonesia yang menerima dan menyetujui Pancasila, paparnya, dapat dipertanggungjawabkan sepenuhnya dari segala segi pertimbangan.

Choliq Muhtar menambahkan, beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan keselarasan Pancasila dengan ajaran Islam adalah sebagai berikut: 1. Pancasila bukan agama dan tidak bisa menggantikan agama, 2. Pancasila bisa menjadi wahana implementasi Syariat Islam,
3. Pancasila dirumuskan oleh tokoh bangsa yang mayoritas beragama Islam
, 4. Ideologi  Negara sejalan dan tidak bertentangan dengan Islam, sekalipun di bawah nama lain seperti Pancasila, 5.  Undang-undang tidak bertentangan dengan Islam, 6. UUD mengandung prinsip musyawarah dan dasar-dasar demokrasi lainnya.